menuliskan pengertian, fitur-fitur, fungsi dasar, dari suatu aplikasi (Spotify)

Apa itu Spotify?

Spotify adalah layanan musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari kreator di seluruh dunia.Fungsi dasar seperti memutar musik tidak berbayar, tetapi kamu juga bisa memilih untuk meng-upgrade ke Spotify Premium.Dengan Premium atau tidak, kamu bisa:Mendapatkan rekomendasi berdasarkan seleramuMembangun koleksi musik dan podcastDan masih banyak lagi!Spotify tersedia di berbagai perangkat, termasuk komputer, ponsel, tablet, speaker, TV, serta mobil, dan kamu bisa dengan mudah beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan Spotify Connect.

Spotify telah ada sejak lama sehingga tak heran jika hingga kuartal pertama 2022 ini, Spotify telah memiliki total 182 juta pengguna premium aktif di seluruh dunia.Ada banyak alasan mengapa Spotify banyak digunakan, beberapa di antaranya seperti katalog lagu yang sangat lengkap dan biaya berlangganan yang terjangkau. Selain itu, Spotify juga dibekali fitur-fitur menarik, tetapi beberapa di antaranya bisa dibilang tersembunyi dan tidak diketahui oleh banyak pengguna, terutama para pengguna baru. Berikut berberapa fitur di Spotify yang perlu kamu ketahui.

1. Dukungan untuk melengkapi playlist buatan sendiri

Sama seperti yang lain, Spotify juga memungkinkanmu untuk membuat playlist mereka sendiri. Namun, yang menarik jika kamu kebingungan ingin memasukkan lagu apa ke dalam playlist buatanmu, Spotify bisa membantu.

Spotify membantu dengan cara memberikan rekomendasi untuk melengkapi playlist buatanmu dengan lagu-lagu yang kamu sukai. Yang perlu kamu lakukan adalah membuka playlist lalu scroll sampai bawah untuk melihat rekomendasi yang diberikan Spotify. Untuk menambahkan, kamu hanya tinggal memilih “Add” dan jika ingin rekomendasi yang lain, maka pilih “Refresh”.

2. Sleep Timer untuk menonaktifkan otomatis ketika pengguna sudah tidur

Jika kamu sering tertidur ketika mendengarkan lagu di Spotify, kamu bisa mengaturnya untuk berhenti memutar lagu setelah beberapa waktu tertentu. Fitur ini tersedia baik di Android maupun iOS, dan kamu bisa mengatur timer minimal di 5 menit hingga maksimal 1 jam.

Untuk mengakses fitur ini, kamu hanya perlu tap menu titik tiga dari lagu yang sedang diputar di pojok kanan atas, lalu pilih Sleep Timer. Jika sudah, kamu bisa memilih antara 5 menit, 10 menit, 15 menit, 30 menit, 45 menit, 1 jam, atau hingga lagu selesai.

3. Mengubah gambar cover dari playlist

Secara default, Spotify membuat cover playlist buatanmu menggunakan cover art dari lagu-lagu yang ditambahkan ke dalam playlist. Akan tetapi, jika mau, kamu bisa mengganti cover playlist tersebut dengan gambar yang kamu inginkan.

Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan gambar dengan resolusi 300 x 300. Untuk menggantinya, kamu perlu ke Spotify versi desktop atau PC, pilih playlist lalu arahkan ke bagian cover. Jika sudah kamu tinggal klik “Choose photo” dan pilih gambar yang ingin kamu gunakan.

4. Crossfade

Bagi yang gemar mendengarkan lagu di radio, pasti tidak asing dengan transisi memudar ketika lagu mulai beralih ke lagu selanjutnya. Jika kamu termasuk orang itu dan ingin bernostalgia dengan efek transisi itu, maka Spotify memungkinkan kamu untuk menggunakannya lewat fitur bernama Crossfade.

Untuk mengaksesnya di mobile, kamu hanya perlu menuju ke Settings di pojok kanan atas, pilih Playback lalu sesuaikan Crossfade dengan yang kamu inginkan. Untuk Spotify versi desktop tak beda jauh, tinggal klik ikon profil, pergi ke Settings, pilih Playback, kemudian atur Crossfade.

5. Berhenti menampilkan musisi tertentu

Spotify menggunakan algoritma tertentu untuk mencari tahu apa yang ingin kamu dengarkan. Meski algoritma tersebut dirancang untuk membantu kamu mendapatkan saran musisi baru yang mungkin sesuai dengan preferensi kamu, itu tidak selalu berhasil.

Untungnya, kamu bisa mengatur Spotify untuk berhenti menampilkan musisi tertentu yang mungkin tidak kamu sukai. Untuk melakukannya kamu hanya perlu ke halaman utama musisi tersebut, tap menu titik tiga dan pilih “Don’t play this”. Jika kamu tiba-tiba berubah pikiran, kamu tinggal melakukan langkah yang sama, namun pilih “Allow to play this”.

6. Menampilkan lagu terbaik dari tahun-tahun tertentu

Kamu bisa tahu jika Spotify akan mengumpulkan lagu-lagu terbaik dari musisi tertentu lalu membuatkan playlist untuknya. Jika kamu memiliki musisi favorit baru dan ingin mengetahui lagu-lagu terbaik dari mereka, kamu hanya tinggal mencarinya dengan keyword “This is (Nama Musisi)”.

Selain itu, kamu juga bisa meminta Spotify untuk menampilkan lagu-lagu terbaik milik musisi favorit kamu dari tahun-tahun tertentu. Misalnya, kamu bisa mengetik “artist: “Beatles” year: “1965-1970”’ untuk menampilkan lagu-lagu The Beatles yang dirilis antara tahun 1965 hingga 1970.

7. Menambahkan lagu dari penyimpanan lokal

Jika kamu memiliki lagu favorit dari musisi yang kamu sukai tetapi lagu tersebut tidak ada di Spotify, kamu bisa membuatnya ada di Spotify dengan menambahkannya ke playlist. Fitur ini tidak aktif secara default, tetapi kamu bisa mengaktifkannya dengan sangat mudah.

Untuk Spotify di desktop, kamu hanya perlu pergi Settings, aktifkan Show Local Files di bagian Local Files lalu klik “Add a source”. Dari situ, kamu tinggal memilih folder mana yang bisa diakses Spotify untuk menambahkan lagu yang kamu inginkan. Untuk Spotify versi mobile, caranya secara garis besar sama.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa fitur di Spotify yang perlu kamu ketahui. Dari beberapa fitur di atas, ada yang telah kamu ketahui sebelumnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *