Makna kemerdekaan

Pertama-tama, kita perlu mendefinisikan kembali makna kemerdekaan. Definisi ini menjadi penting, karena definisi dari suatu subyek atau obyek berkembang berdasarkan konteks dan masanya. Kemerdekaan perlu mendapatkan definisi yang sesuai dengan konteks dan masanya.

Di masa lalu, defisini kemerdekaan berkaitan erat dengan penjajahan. Kedua kata tersebut memiliki makna yang berlawanan. Merdeka atau tidak terjajah. Kemerdekaan adalah bebas dari penjajahan.

Pengertian tertanan dalam di benak sanubari para pendiri bangsa, yang kemudian dituliskan sebagai bagian dari paragraf awal pembukaan konstitusi kita.

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Merdeka adalah lepas dari belenggu penjajahan fisik. Mengapa kemerdekaan dibutuhkan? Paragraf ketiga pembukaan UUD 1945 menegaskan: supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas.

Sejarah memperlihatkan bahwa melalui perjuangan fisik, Indonesia berhasil mengusir para penjajah dan kelompok yang ingin menjajah bangsa dan negara ini. Namun ketika penjajah berhasil dikalahkan dan diusir, Negara Republik Indonesia terbentuk, masalah baru muncul.
Indonesia akan memasuki usia 77 tahun kemerdekaan setelah sempat mengalami penjajahan dalam waktu yang cukup lama. Momen bersejarah tersebut ditandai dengan deklarasi kemerdekaan yang dibacakan Ir. Soekarno pada 17 Agustus 1945 di rumahnya, Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.
Makna kemerdekaan yang sesungguhnya adalah kebebasan. Sebagai negara yang merdeka, Indonesia telah bebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan asing. Indonesia bebas untuk menentukan nasib sendiri serta bebas menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemerdekaan yang telah diproklamasikan mengubah semangat masyarakat yang sebelumnya serba terbatas menjadi lebih bebas. Dengan kebebasan tersebut, masyarakat dapat membangun kembali bangsa yang telah sekian lama menderita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *