Perbandingan senilai dan berbalik nilai dan contoh soal

Perbandingan senilai dan berbalik nilai

1.Perbandingan tinggi badan Ariq dan Barik adalah 3 : 7, sedangkan perbandingan tinggi badan Barik dan Yusuf adalah 7 : 9. Berapakah perbandingan tinggi badan Ariq, Barik, dan Yusuf?

2.Suatu pekerjaan dapat selesai dalam waktu 15 hari dengan lama kerja 8 jam setiap hari. Jika pekerjaan tersebut ingin diselesaikan dalam waktu 10 hari, maka berapa lama jam kerja yang diperlukan setiap hari?

3.Sebanyak 150 ekor kambing dapat menghabiskan persediaan makanan yang ada dalam waktu 2 bulan. Jika 50 ekor sapi telah dijual, berapa hari lagi persediaan makanan akan habis?

4.Di sebuah sekolah, perbandingan banyak siswa kelas I, kelas II, dan kelas III adalah 11 : 10 : 9. Jika jumlah seluruh siswa di sekolah tersebut 1.200 orang, maka berapa orang masing-masing siswa kelas I, kelas II, dan kelas III?

  1. Untuk menjamu 12 orang diperlukan 1,5 kg beras.bila akan menjamu 35 orang. Beras yang diperlukan adalah ?
  2. Sejenis gas dengan berat tertentu. Volume nya berbanding terbalik dengan tekanan. Bila gas tersebut bertekanan 1,5 atmosfer, maka volume nya 60 cm . Bila volume nya di perbesar menjadi 150 cm makan tekanan gas tersebut menjadi?

7.harga 2 kg bawang merah adalah Rp.5.000,tentukan harga 4kg bawang merah ?

8.5 telur ayam harganya 6.000. Berapa rupiah harga 15 telur ayam tersebut ?

  1. Perbandingan umur alya dan emir adalah 2:3 sedangkan perbandingan umur emir dan uli adalah 4:5 maka, berapa perbandingan umur alya dan uli ?

10.Sepeda motor menempuh jarak 45 km per jam. Sedangkan becak menempuh jarak 9000 meter per jam. Perbandingan kecepatan sepeda motor dan becak adalah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *